[VIDEO] Presiden Jokowi Bacakan Dongeng ke Pelajar SD dan SMP

Presiden Jokowi Bacakan Dongeng
Presiden Jokowi bacakan dongeng ke pelajar SD dan SMP [Youtube]
DETIK-BERITA.NET - Presiden Jokowi untuk pertama kalinya memperlihatkan kelihaiannya dalam mendongeng di hadapan anak-anak.

Kelihaian itu diperlihatkan Jokowi saat mendongeng di hadapan sekitar 500 anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/5/2017) siang, saat perayaan Hari Buku Nasional, dikutip dari laman TribunNews.

"Sekarang Pak Jokowi mau cerita mengenai Lutung Kasarung," ujar Jokowi membuka dongengnya.

Jokowi sempat berkelakar. "Ada yang tahu cerita Lutung Kasarung?" tanya Jokowi. Banyak anak yang mengaku mengetahui cerita rakyat asal Jawa Barat itu.

Jokowi kemudian berkata, "Ya sudah kalau begitu saya enggak usah cerita ya. Kan sudah pada tahu semuanya".

Sontak, anak-anak yang berasal dari SD dan SMP di seputar Jakarta itu berteriak, "Jangan, Pak".

Lihat videonya dibawah ini



Lutung Kasarung

Cerita "Lutung Kasarung" berkisah tentang dua putri raja. Seorang putri memiliki sifat jahat, yaitu Purbararang. Seorang putri lainnya memiliki hati nan mulia, yang bernama Purbasari.

Putri jahat tidak ingin adiknya mendapat tahta kerajaan. Oleh sebab itu ia meminta penyihir untuk mengutuk sang adik menjadi buruk rupa dan terjangkit penyakit menular.

Purbasari kemudian dibuang ke hutan dan berteman dengan para binatang hutan. Salah satu hewan hutan yang paling disayang adalah seekor monyet yang dinamai Lutung Kasarung.

Ajaib, usai Purbasari mandi di sebuah telaga bersama Lutung Kasarung, sihir di tubuhnya sirna. Purbasari menjadi cantik seperti sedia kala.

Rupanya, sang kakak mengetahui hal itu. Ia pergi ke hutan dan mencegat Purbasari untuk tidak kembali ke lingkungan kerajaan.

Sang kakak memberikan syarat kepada adik agar diterima kembali di kerajaan. Purbasari harus memiliki seorang calon suami yang rupawan.

Keajaiban selalu berpihak pada yang berhati mulia. Lutung Kasarung yang semula berupa monyet tiba-tiba berubah menjadi seorang pangeran yang berparas rupawan.

Melihat itu, Purbararang mengaku kalah. Ia meminta maaf kepada sang adik atas segala perbuatan jahat yang ia telah perbuat. Kedua kakak dan adik itu kemudian bersama-sama kembali ke kerajaan dan hidup bahagia.

Dongeng Jokowi tersebut nampak sukses membuat anak-anak tenang. Mereka dengan saksama mendengarkan cerita dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Jangan curang

Di akhir cerita, Presiden Jokowi menyampaikan pesan moral cerita rakyat tersebut.

"Jadi anak-anak, kalau mau mengejar cita-cita itu harus dengan bekerja keras. Rajin belajar. Jangan suka curang," ujar Jokowi.

Presiden juga berpesan kepada anak-anak untuk jangan suka menghina teman.

"Jangan suka menghina orang lain. Jangan suka menjelek-jelekkan teman. Harus suka menolong teman ya," ucap Jokowi.
Powered by Blogger.
SPONSORED VIDEO close button minimize button maximize button