Ini Bahaya Kesehatan Jika Malas Ganti Celana Dalam

bahaya kesehatan yang terjadi jika Anda malas mengganti celana dalam
Celana dalam (ilustrasi)

DETIK-BERITA.NET - Banyak orang yang menganggap remeh kebiasaan mengganti celana dalam yang digunakannya. Namun tahukah Anda jika celana dalam yang digunakan sehari-hari merupakan salah satu pakaian pelengkap yang memerlukan perhatian ekstra.

Jangan gunakan celana dalam yang sama dalam satu hari. Atau, ini yang akan terjadi pada diri Anda.

Banyak orang yang mengabaikan kebiasaan ini karena celana dalam nyatanya tidak terlihat mata sehingga tidak dipandang orang.

Secara garis besar, fungsi utama celana dalam adalah melindungi organ intim dari unsur berbahaya yang ada di dunia luar. Namun, jika Anda tidak tidak menggantinya secara rutin, maka ada bahaya yang bersiap menyerang Anda.

Berikut ini bahaya kesehatan yang terjadi jika Anda malas mengganti celana dalam:

1.Gatal dan kemerahan
Sama dengan area lain di tubuh, kulit kemaluan juga mengalami regenerasi dan pengelupasan lapisan terluar dengan teratur. Tanpa disadari, sebagian kulit yang mengelupas tersebut akan menumpuk di celana dalam.

Bila tidak diganti secara rutin, maka area segitiga kemaluan akan lembap, gatal, dan mudah iritasi. Bila dibiarkan, lama-kemalaan area tersebut akan menjadi kemerahan. Ini merupakan tanda bahwa lapisan kulit tersebut sudah mulai terganggu kesehatannya.

2. Keputihan berbau (bagi wanita)
Mengganti celana dalam hanya sehari sekali akan membuat daerah lipat paha dan kemaluan lebih lembap. Akibatnya, bakteri dan jamur lebih mudah untuk berkembang biak.

Pada wanita, kondisi tersebut menyebabkan keputihan berbau dan sangat mengganggu. Sedangkan pada pria bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat hebat.
Tak hanya itu, bila kemudian kumpulan bakteri juga ikut ‘menumpang’ di sana, maka kulit jadi mengelupas dan nyeri. Hal terburuk? Nanah yang tidak bisa dihindari lagi.

3. Infeksi saluran kencing
Infeksi akibat tidak mengganti celana dalam juga dapat menyebar ke saluran kencing. Dalam dunia medis, kejadian ini dikenal dengan sebutan ascending infection atau infeksi yang merayap naik ke saluran lebih atas, ke arah ginjal.

4. Terkena infeksi jamur
Terutama karena masuk ke musim hangat, mereka yang cenderung berkeringat harus mengganti pakaian dalam mereka sebanyak dua kali sehari. Lingkungan yang hangat, dan lembab adalah surga bagi ragi dan yang mengarah ke infeksi ragi.

5. Terkena kanker
Saat berhubungan seks, kadang-kadang luka atau lecet akan terjadi. Ini bukan masalah besar jika area tersebut tetap bersih. Tapi jika Anda mengenakan celana kotor, maka bakteri bisa menyebar dan menyebabkan mikroba masuk ke dalam tubuh Anda.

6. Kulit Pecah-Pecah
Jika Anda melihat bintik-bintik merah di sekitar daerah panggul Anda, hal itu bisa disebbakan oleh underwear Anda yang kotor.

Sekarang, Anda sudah tahu bahayanya jika malas ganti celana dalam. Karena itu, agar kejadian di atas tidak menimpa Anda, sebaiknya gantilah celana dalam Anda setidaknya dua kali sehari. Tapi, apabila aktivitas menuntut Anda lebih banyak berkeringat, jangan malas untuk menggantinya lebih sering, ya.
Powered by Blogger.