Aksi Solidaritas Seribu Lilin Warga Kota Jayapura Untuk Ahok

DETIK-BERITA.NET - Sebagai bentuk simpatik dan rasa prihatin yang mendalam akibat vonis hukuman dua tahun penjara kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, puluhan warga Kota Jayapura melakukan aksi bakar 1000 (seribu) lilin di Taman Imbi, Kota Jayapura, Rabu malam, (10/5/2017).

Aksi Solidaritas Seribu Lilin Warga Kota Jayapura Untuk Ahok
Aksi Solidaritas Seribu Lilin Warga Kota Jayapura Untuk Ahok. Foto (KabarPapua.co/Liza Indriyani)

Selain bakar seribu lilin, juga aksi menuliskan pesan moral di sejumlah kertas yang telah disediakan. Aksi ini tak hanya diikuti warga Kota Jayapura yang beragama Kristen, tapi juga diikuti warga yang beragama Islam. Aksi ini dimulai pukul 18.00 WIT. Terlihat satu per satu masyarakat dari berbagai suku dan agama mulai berdatangan, dikutip dari laman KabarPapuaCo.

“Warga Kota Jayapura cinta damai, anti kekerasan dan anti radikalisme. Kami datang kesini dengan membawa lilin, sebagai tanda solidaritas masyarakat Papua terhadap Ahok,” kata T.H. Pasaribu, salah satu masyarakat Kota Jayapura yang pertama kali membakar lilin.


BACA JUGA
Aksi Solidaritas Seribu Lilin Warga Kota Medan Untuk Ahok
Aksi Solidaritas Seribu Lilin di Tugu Proklamasi Jakarta Untuk Ahok

Salah satu tokoh agama di Kota Jayapura, Jimmy Koirewoa menyebutkan, aksi seribu lilin ini melambangkan damai dan warga Kota Jayapura adalah orang yang menjunjung semboyan Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda namun tetap satu.

“Di dalam kesatuan ada kenyamanan di Kota Jayapura khususnya di tanah Papua. Kami lakukan gerakan ini sebagai bentuk dukungan moral kepada Pak Ahok yang saat ini ditahan,” ujar Jimmy.

Dari pantauan di lokasi, puluhan masyarakat mulai memenuhi salah satu pusat Kota Jayapura ini dan bergantian membakar lilin. Sampai saat ini aksi masih berlangsung, situasi aman dan lancar tanpa ada suatu pergerakan yang menonjol dari masyarakat.
Powered by Blogger.
SPONSORED VIDEO close button minimize button maximize button