Program 1 Miliar Pohon, Jokowi Minta Danau Toba Dijaga

Detik Berita - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi melakukan penanaman pohon di Desa Parparean I, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu sore.

Turut dalam kegiatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan sejumlah menteri lainnya, anggota DPD Parlindungan Purba dan Bupati Samosir beserta pelajar dan ribuan warga Tobasa.

Program 1 Miliar Pohon, Jokowi Minta Danau Toba Dijaga
Program 1 Miliar Pohon, Jokowi Minta Danau Toba Dijaga
Dalam kesempatan itu, Jokowi dan Gubernur Sumut menanam jenis pohon durian (durio zibethinus) sedangkan Ibu Negara Iriana menanam pohon jambu bol (syzygium malaccense) dan Ny Evi Diana Erry menanam jenis pohon mangga (mangifera indica). Lokasi penanaman hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai Danau Toba.

Dikutip dari laman Liputan6Com, Usai penanaman pohon, Jokowi menyatakan kegiatan itu merupakan program pemulihan ekosistem dan lingkungan dalam rangka menyongsong Danau Toba menjadi kawasan wisata bertaraf internasional.

"Saya titip kepada masyarakat, camat, dan bupati. Penanaman sudah kita mulai dan terus akan kita lakukan, Tidak hanya ini saja," ujar Jokowi, Sabtu (20/8/2016) sore.

Presiden juga menegaskan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait serta seluruh pihak, akan melakukan program penghijauan di seluruh kawasan perbukitan Danau Toba.

"Untuk itu, butuh partisipasi seluruh masyarakat. Tanpa masyarakat, mustahil itu akan bisa dilakukan. Itu kalau kita mau Danau Toba menjadi tujuan wisata yang bukan hanya level lokal, domestik atau nasional, namun berlevel internasional," sebut Jokowi.

Pengembangan Danau Toba sebagai kawasan wisata bertaraf internasional akan didukung oleh pembangunan Bandara Silangit yang akan tuntas pengerjaannya akhir 2016.

"Ada juga pembangunan taman bunga, tempat konferensi dan lain-lain. Saya harap masyarakat ikut menjaga, memelihara, dan merawat ekosistem yang sudah ada," harap Jokowi.

Tanaman pohon, sebut Presiden, tidak hanya bermanfaat dari sisi ekologis, namun juga bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. "Nanti buahnya bisa dinikmati masyarakat. Juga bisa untuk menjaga hijau kawasan Danau Toba," tambah Jokowi.

Usai penanaman pohon, Presiden memberi bantuan lima set pompa air lengkap dengan selang kepada Camat Porsea. Pompa air tersebut akan digunakan untuk menjamin kelangsungan hidup pohon yang telah ditanam.

Dalam kesempatan itu juga, Jokowi didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan 10 unit sepeda gunung kepada gerakan Pramuka setempat sebagai bentuk apresiasi terlibat dalam program Pencanangan Penanaman 1 Miliar Pohon.
Powered by Blogger.