5 Bandara Udara Paling Unik di Dunia

ilustarsi
DETIK-BERITA.NET - Bandara/Airport merupakan sebuah fasilitas di mana pesawat terbang lepas landas dan mendarat. Suatu bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu, sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hanggar. Namun ada juga hal-hal yang membuat unik Bandara tersebut.

Berikut 5 Bandara Udara Paling Unik di Dunia : 


1. Bandara Princess Juliana International


Bandara Princess Juliana memiliki landasan sangat dekat dengan pantai dipenuhi oleh para turis. Walaupun belum pernah ada kecelakaan serius mengakibatkan korban jiwa, tetapi baik saat lepas landas maupun saat mendarat. Akan tetapi semburan jet (Jet blast) dari pesawat-pesawat tersebut dapat menyebabkan efek yang fatal bagi turis. Pertanyaanya adalah mengapa bandara Princess Juliana masih digunakan, bahkan untuk penerbangan komersial? Jawabannya adalah bagaimanapun juga tetap bandara Princess Juliana adalah tempat paling aman untuk penerbangan dari seluruh lokasi di pulau ini.

2. Bandara Juancho E. Yrausquin


Ini adalah satu-satunya bandara di pulau Saba di kepulauan Karibia. Bandara ini sangat terkenal dengan bagaimana cara pesawat dapat take off dari landasan. Bandara ini memiliki porsi besar dalam melayani penerbangan di pulau Saba. Beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa bandara ini merupakan salah satu bandara paling berbahaya dan unik di dunia walaupun tidak ada tragedi besar terjadi. Di ujung landasan terdapat huruf X besar, menandakan bahwa bandara ini. bandara ini tidak untuk penerbangan komersial. Karena bahaya datang dari kondisi geografis dari bandara itu sendiri, di satu sisi bukit tinggi dan di kedua ujung landasan terdapat jurang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off.

3. Bandara Lukla

Bandara ini terletak di ketinggian 2900 meter dari permukaan laut, jadi hampir tidak ada kekuatan cukup untuk tinggal landas. Bandara ini di kota Lukla di timur Nepal. Pada bulan Januari 2008, pemerintahan Nepal mengumumkan bahwa bandara tersebut akan diganti namanya menjadi Bandara Sir Edmund Hillary, orang pertama kali berhasil mencapai puncak everest. Bandara Lukla sendiri cukup populer karena banyak digunakannya sebagai titik awal pendakian puncak Everest.

4. Bandara Gibraltar



Bandara ini terletak di kota gibraltar, ia terletak di bagian barat daya Eropa, atau tepatnya di bagian selatan pesisir Spanyol. Keunikan bandara ini seperti terlihat di gambar, dimana di Bandara ini terdapat di jalan raya yang menghubungkan 2 sisi kota, dan landasan pacu terletak di tengah-tengah kota.

5. Bandara Kansai Internasional

Bandara ini merupakan bandara pertama di Jepang, dibangun di tengah laut dalam bentuk seperti pulau buatan. Bandara ini pertama kali dibuka untuk umum pada 4 September 1994. Rencananya bandara baru tersebut akan diberi nama Osaka International Airport.

Sumber gambar : Aviationcv.com, chaobuoisang.net, erdekesvilag.hu, azinterkom.com.
Powered by Blogger.
SPONSORED VIDEO close button minimize button maximize button