Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Berenang

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Berenang
Lensa kontak pintar yang dapat memeriksa kadar glukosa pada penderita diabetes.
DETIK-BERITA.NET- Di cuaca yang relatif panas sekarang ini, memang asyik kalau berenang. Tapi jika Anda adalah orang yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya pikir dua kali sebelum membuka handuk dan melompat ke kolam renang. Pasalnya, mengenakan lensa kontak sambil berenang ternyata tidak disarankan sebagaimana dikutip dari allaboutvision.

Lensa kontak memerlukan air yang bersih dan higienis. Air kolam renang, sungai dan lautan mempunyai kelimpahan bakteri, virus dan mikroorganisme. Banyak dari mereka yang sangat berbahaya bagi mata Anda. Acanthamoeba misalnya, merupakan organisme yang ditemukan di banyak tempat basah dan berair. Ketika ia masuk dalam kontak lensa, ia akan menempel dan dapat menyebabkan permukaan mata meradang dan akhirnya terinfeksi.

Lensa kontak juga akan secara alami menyerap air yang bisa mengubah bentuknya secara dramatis. Ini akan membuat mereka tidak nyaman untuk dipakai, acapkali justru menyebabkan pandangan Anda menjadi terdistorsi dan kabur.

Jika ternyata Anda harus berenang dengan lensa kontak dan tidak dapat menghindari untuk tidak memakainya, pertimbangkan memakainya bersama dengan kacamata renang tahan air. Cara ini akan memberikan kebebasan untuk menggunakan lensa kontak saat berenang tanpa perlu membersihkan dan membilasnya setelahnya.
Powered by Blogger.